Culture Beauty of Banyuwangi

10/05/2016

"Find something you care about and care deeply"

These words cross my mind most of the time and it makes me care more about the things that I love to do: travels. Saya pun akhirnya merencanakan berbagai perjalanan minimal satu bulan sekali, sejak itu. Surprisingly, langkah-langkah kecil ini membawa saya bertemu dengan kesempatan baik yang datang beberapa minggu lalu, sebuah undangan dari Kementrian Pariwisata RI untuk meliput destinasi wisata di Banyuwangi dalam rangka menyemarakkan rangkaian acara International Tour de Banyuwangi Ijen 2016.


"It's not about the destination. It is about the journey and the people."

Tanpa pikir panjang, saya pun memutuskan untuk berangkat ke Banyuwangi (lagi), walaupun dua minggu lalu baru saja pulang dari destinasi yang sama. Saya bertemu dan berangkat bersama dengan teman-teman travel blogger dari Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Banyuwangi.

Setibanya di kota yang dikenal Sunrise of Java ini, kami diantar untuk berkunjung ke Desa Adat Kemiren yang berada di daerah Banyuwangi bagian Barat. Di desa ini merupakan daerah yang ditinggali oleh Suku Osing. Suku Osing atau biasa dikenal Suku Using merupakan penduduk asli Banyuwangi atau juga disebut "wong Blambangan" yang merupakan penduduk mayoritas di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Desa Kemiren telah menjadi desa wisata yang diminati, selain itu terdapat banyak Festival Budaya dan acara kesenian tahunan diadakan di desa ini.



Memasuki desa Kemiren, kami disambut dengan sangat hangat dan dijemput Barong Prejeng, yang merupakan Barong penerima tamu. Fungsinya untuk menetralkan aura negatif dari pendatang baru, katanya.
































































Betapa teduhnya menikmati suguhan makan siang Pecel Pitik (masakan khas suku Osing) yang disajikan hangat, di tepi sawah sambil menonton penampilan sambutan dari warga suku Osing.


Bagi teman-teman yang main ke Banyuwangi, disarankan mampir ke Desa Adat Kemiren. Warga disana super ramah dan akan menyambut kalian dengan baik. Disarankan kalau mau datang kesini bawa rombongan agak ramean ya (minimal sepuluh orang) bisa menghubungi Bapak Ridho, Ketua Bidang Kebudayaan di +6281233987904 (sebelah kanan) atau Bapak Sucipto, Sesepuh Barong di +6285859950720 (sebelah kiri). Sampai jumpa di perjalanan selanjutnya!


email
CONTACT
ainihanifa@gmail.com