Sunrise of Java

14/05/2016

Rugi rasanya jika melewatkan keindahan matahari terbit yang pertama terlihat dari pulau Jawa yaitu di Banyuwangi. Pagi itu, kami berencana untuk mengejar keindahan matahari terbit di Pantai Bama (dalam area Taman Nasional Baluran) yang mana menurut referensi seorang teman, dari sana terlihat keindahan matahari terbit maksimal. Sayangnya, kami berangkat kesiangan dan memutuskan untuk berhenti singgah di kawasan Watu Dodol untuk mendapatkan view matahari terbit, yang pada akhirnya tetap tidak terlihat karena tertutup awan mendung. Ya sudah tak apa, setidaknya sudah menghirup udara pagi di Pantai Watu Dodol yang melegenda ini.

Letaknya cukup mudah ditemukan, karena bagi anda yang hendak pergi atau kembali dari pulau Bali  melalui pelabuhan Ketapang akan melewati area jalur utama Situbondo-Banyuwangi ini. Patung Gandrung yang menandai letak Wisata Alam Watu Dodol ini memiliki cerita misteri dibalik keindahannya. Konon katanya, ketika kawasan ini hendak dijadikan jalan raya terjadi banyak hambatan saat menghancurkan sebongkah batu hingga segala cara pun dilakukan seperti ditarik menggunakan kapal maupun diledakkan, namun tetap saja gagal. Sebongkah batu ini akhirnya menjadi asal-usul nama "Watu Dodol" yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti "Batu Bongkar" (Batu yang tidak berhasil dibongkar mungkin ya maksudnya hehe). Nah menurut masyarakat, sejarah tentang legenda Watu Dodol ini pun ada berbagai versi, sehingga pesona dari tempat ini ya sebetulnya dari sejarah dan cerita mistisnya yang tidak diketahui pastinya.

Well, walau matahari terbit yang tadinya tertutup mendung, saya belum menyerah menoleh arah timur sampai akhirnya cahaya terlihat di perjalanan menuju Baluran. Kami pun berhenti untuk menikmati sejenak pesona Sunrise of Java. Satu lagi bucket list yang saya centang: menikmati matahari terbit dari ujung timur Pulau Jawa :)

email
CONTACT
ainihanifa@gmail.com